TABULAMPOT ANGGUR

  • Diposting Oleh THOMASGRAPE 23 Mar 2012

    Kategori Budidaya Anggur
    TABULAMPOT ANGGUR

    TABULAMPOT ANGGUR

    TABULAMPOT ANGGUR

    Penampilan pohon anggur memang eksotis dan atraktif, karena dibandingkan dengan tanaman buah yang lain, anggur memiliki beberapa keistimewaan yang menakjubkan. Dari segi usia produktif anggur termasuk ekstra cepat untuk menghasilkan buah. Dari segi buah yang dihasilkan pun tetap menakjubkan, betapa tidak, dengan ukuran pohon yang relatif kecil dia mampu menghasilkan volume buah yang luar biasa, bahkan dengan perawatan yang tepat buah yang dihasilkan bisa melampaui berat pohonnya sendiri, hebat kan?
    Pasti semua hobiis tanaman berkeinginan menanam anggur. Tetapi di wilayah perkotaan yang padat penduduk tentu saja tidak mudah untuk berkebun anggur. Jangan berkecil hati, tabulampot (tanaman buah dalam pot) solusinya. Bahkan pohon anggur dalam pot semakin terlihat menawan saat dompolan buahnya bergelantungan, apalagi saat buahnya mulai berubah warna. Ingin mencoba?


    Di bawah ini ada beberapa foto tabulampot anggur yang mungkin bisa menggugah wawasan dan bisa dicontoh. Bayangkan jika kita bisa memilikinya, bagaimana penampilannya kalau kita pajang di teras rumah? Pastinya asyik kan?  

      1... 2... 3... 4... 5... Not bad isn't it? Lumayan kan kalau bisa bikin yang seperti ini?   

      Walaupun cuma 1 dompol tetap aja seru punya tabulampot anggur, jelas rasanya lebih nikmat karena hasil jerih payah sendiri.  

      Wah kalo yang ini sih kebangetan hehehe... Benar kan kelihatan jelas buahnya lebih berat dari pohonnya? Kalau melihat yang seperti ini nggak pengen berarti yang melihat yang kebangetan hihihi...

      Mantap kan? Dengan media yang cuma segitu saja bisa berbuah sebanyak ini.

      Wah.... Nggak ada yang nolak kalau diberi kado tabulampot anggur yang seperti ini. Mungkin sudah saatnya posisi bunga plastik hiasan di pojok ruangan digantikan oleh yang satu ini. What do you think? Why not?

     
    Nah, sekarang ayo kita bersama-sama membuat impian memiliki tabulampot anggur seperti di atas menjadi kenyataan. Pertama siapkan bibit anggur yang akan ditanam, untuk yang baru mulai mengenal anggur disarankan untuk memilih bibit anggur yang sudah agak besar, bukan dari stek untuk mempersingkat proses penanaman. Cara menanam anggur dari stek batang akan dijelaskan di posting yang lain nantinya. Setelah memperoleh bibit anggur siapkan pot dan media tanamnya berupa pasir, tanah dan pupuk kandang (2;1;1) formula masing-masing hobiis mungkin berbeda. Campur rata dan usahakan media dalam kondisi kering.

      Kemudian keluarkan bibit dari tempatnya dengan hati-hati usahakan media asalnya tetap melekat pada akarnya. Setelah mengisi pot dengan media setinggi 10% masukkan bibit ke dalam pot dan timbun dengan media baru tadi (untuk pot yang lebar atas-bawahnya sama lebih baik lapisi dinding pot dengan plastik), usahakan batang stek tertanam hingga 3-5 cm di bawah tunas yang dipelihara.  Siram media perlahan-lahan hingga media jenuh air. Sekarang kita sudah memiliki calon tabulampot anggur, seperti foto di bawah ini.

    28 Maret 2011

      Untuk diketahui, anggur memang suka air tetapi tidak suka becek media sekitar perakarannya, jadi usahakan lubang drainasenya jangan sampai tersumbat, anggur lebih tahan kekeringan daripada tergenang air. Setelah proses di atas sementara pohon anggur dipelihara biasa dan biarkan dia bebas tumbuh, atau yang lebih baik lagi jika sudah dipersiapkan penyangganya jadi bisa mulai diarahkan dengan pengikatan pada tiang penyangga.

     

      Kalau kita lihat foto di atas, di pertengahan batang utamanya mulai muncul tunas baru yang disebut cabang lateral. Cabang lateral seperti ini tidak boleh dibiarkan tumbuh kecuali memang direncanakan untuk membentuk tajuk sesuai dengan posisi tumbuhnya, kalau tidak lebih baik segera dibuang pada saat tunasnya masih kecil supaya tidak terlanjur menguras tenaga tanaman.

      Selanjutnya setelah tanaman mulai tumbuh sehat, pergola harus segera dipasang untuk menyangga batang tanaman yang mulai memanjang supaya tidak rebah ke tanah atau patah. Untuk tabulampot cukup dengan pergola sederhana berupa tiang saja atau besi yang dilengkungkan, tetapi untuk yang ingin mempercantik penampilan bisa saja dibuatkan pergola yang lebih artistik sesuai dengan selera, yang penting tujuannya sama untuk menyangga tanaman. Penyangga sederhana dari besi bekas 6mm bisa dimanfaatkan seperti foto di bawah ini.  

     

      Ikatkan batang utama pada pergola, bisa menggunakan apa saja asalkan tidak melukai tanaman, mengikatnya pun diusahakan jangan terlalu ketat karena selanjutnya batang tanaman akan tumbuh membesar.

    Selanjutnya biarkan pohon anggur tumbuh bebas dengan tetap dirawat dengan baik tentunya. Tujuannya adalah membuat batang primer yang kuat sebelum kemudian dipangkas lagi untuk menumbuhkan batang sekunder atau langsung batang tersier. Untuk uraian penjelasan tentang pemangkasan tanaman anggur dalam pot ini silahkan baca di halaman PEMANGKASAN / PRUNING.

      Stock tabulampot anggur selalu dipersiapkan dan ditambah setiap kali bibit tersedia dari hasil pemangkasan, tetapi selalu saja stock yang tersedia menjadi pesanan customer dari berbagai penjuru tanah air, pastinya karena tabulampot anggur menjadi primadona pilihan sebagai hiasan yang juga bisa memberikan kepuasan konsumen dengan memetik buah anggur langsung dari pohonnya. Sampai saat ini permintaan akan tabulampot anggur terus meningkat walaupun konsumen harus menunggu selama 1 tahun untuk mendapatkannya. Semoga ke depan kami mampu menyediakan tabulampot anggur yang lebih banyak sehingga bisa memenuhi permintaan konsumen tanpa harus menunggu lama.

    Untuk pemesanan tabulampot anggur silahkan hubungi 0857-3232-1000 (SMS)

    to be continued.... stay tuned ya...   Have a GRAPE day...  

Berita Terkait


3 Komentar :

    • adityarahma Berkata :

      26 April 2013 - 20:53:51 WIB

      gambar diatas varietas apa pak..? Wih brarti pembentukan tajuknya
      mengandung nilai seni trsendiri ya pak..

      Administrator

      Foto yang di atas adalah varietas Kyohou pak. Benar memang pembentukan tajuk anggur sangat flexible sehingga bisa dibentuk sesuai dengan keinginan, tidak hanya tajuk anggut dalam pot, yang di tanam di kebun pun sebaiknya tidak dibiarkan seperti tumbuh liar supaya tertata rapi dan memudahkan pekerjaan.

    • adityarahma Berkata :

      28 Mei 2013 - 13:45:07 WIB

      idealnya jk di pot proses strees air berapa lama pak..

      Administrator

      Idealnya masa stress air untuk tabulampot anggur tidak bisa diukur dengan waktu pak, yang disebut ideal dan cukup adalah jika tanaman sudah menunjukkan tanda-tanda stressnya dalam bentuk gugurnya sebagian besar daun dimulai dari daun yang tertua.

    • Budi Setiawan Berkata :

      19 Februari 2014 - 13:02:47 WIB

      Foto dari calon tabulampot, cabang lateral dan pergola dari artikel diatas kok gak ada ya? yg ada cuman foto yg sudah berbuah pada judul artikel..

      Administrator

      Ya pak, foto belum diupdate. Mohon bersabar...


Komentar





Cart

Rp. 0

0 ITems

Support

sms

whatsapp

BBM

wechat

Berita Terbaru

Terima kasih untuk selalu mengikuti artikel yang diterbitkan oleh Thomasgrape.   Menumbuhkan bibit anggur berupa cuttings atau yang biasa kita kenal dengan sebutan batang stek sangatlah ...


Kabar gembira untuk semua customer thomasgrape. Selama ini kebun anggur thomasgrape memang tidak dibuka untuk kunjungan umum. Tetapi sekarang dengan mulai dikerjakannya pembuatan kebun display akan ...


Anggur, terutama varietas anggur meja (table grapes) adalah buah yang dikonsumsi langsung tanpa perlu diolah. Dalam siklus hidupnya banyak sekali serangga dan kutu yang menumpang hidup padanya, ...


Produk Terbaru

  • IZUMINKA cuttings
    IZUMINKA cuttings

    Varietas anggur meja (table grape)

    Bibit berupa cuttings (batang stek) 1 batang

    K ..

  • BLAGOVEST cuttings
    BLAGOVEST cuttings

    Varietas anggur meja (table grape)

    Bibit berupa cuttings (batang stek) 1 batang

    K ..

  • FANTASY SEEDLESS cuttings
    FANTASY SEEDLESS cuttings

    Varietas anggur meja (table grape)

    Bibit berupa cuttings (batang stek) 1 batang

    K ..

Social network